Senin, 02 Februari 2009

Luwai Garment Rambah Souvenir

Luwai Garment Rambah Souvenir

Kamis, 29 Januari 2009 | 21:52 WIB

BALIKPAPAN, KAMIS - Berdiri sejak tahun 1997, Luwai Garment lebih dikenal sebagai penghasil baju kaos. Selanjutnya berkembang ke pembuatan seragam dan produk garment lainnya seperti topi, jaket, rompi, jas, blazer dan lainnya.

Di pertengahan tahun 2008 lalu, home industri yang terletak di Jalan Kauman No 4 Balikpapan ini mulai merambah ke produk souvenir yang memasang merek "East Borneo". Berupa kaos dengan berbagai warna dan ukuran yang menampilkan desain alam, budaya, flora dan fauna khas Kalimantan Timur. Seperti orang Dayak, burung Enggang, Orang Utan, Bekantan juga alat perang seperti sumpit dan alat musik khas suku Dayak.

"Kami meluncurkan brand East Borneo, Juni tahun lalu. East Borneo merupakan brand tersendiri yang berada di bawah divisi retail Luwai Garment. Awalnya hanya iseng, karena sudah lama ingin mengangkat budaya Kaltim di atas kaos. Agar lebih dikenal banyak orang, baik di Kaltim maupun di luar Kaltim. Tetapi belum baru terealisasi kemarin," ungkap pemilik Luwai Garment, Ilman Nafian di ruang kerjanya, Kamis (29/1).

Meski demikian, dari beberapa pameran yang digelar di Kaltim belum lama ini, lebih 1.000 lembar kaos East Borneo berhasil terserap pasar. Terutama kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVII lalu. Dari jumlah tersebut, desain orang utan, Hudog Mask, Bekantan, Obor Balikpapan dan Pesut menjadi incaran pembeli. "Saya berharap East Borneo bisa menjadi icon souvenir di Kaltim. Seperti halnya, Dagadu di Yogyakarta dan Joger di Bali. Karena tak hanya kaos, East Borneo juga mengeluarkan beberapa produk lainnya, seperti topi, jaket juga sweater," kata Ilman.

Mematok harga Rp 49.900 per lembar, East Borneo tersedia untuk berbagai segmen. Dewasa laki- laki dan perempuan, anak-anak hingga ukuran besar. Dengan lebih 25 warna pilihan.

Ilman juga menjamin pembeli tidak akan kecewa dengan kualitas kaos keluaran East Borneo. Pasalnya, khusus souvenir yang satu ini mengambil bahan katun Combet 100 persen dengan kualitas ekspor terbaik. Menyerap keringat, tidak luntur dan tidak mudah belel. Jahitannya pun rapi dan pas di badan, karena dikerjakan penjahit Luwai yang berpengalaman di bidang jahit menjahit kaos. "Desain kaos juga tidak pasaran. Bahkan hingga saat ini ada sekitar 100 desain yang telah dikeluarkan dan kami terus mengeluarkan sedikitnya lima desain baru setiap bulannya," ujar Ilman.

Untuk kegiatan spesial, Ilman juga menerima pesanan kaos souvenir dengan layanan antar di tempat. Khusus untuk pemesanan dalam jumlah tertentu. "Kami juga melayani pemesanan dengan gambar dan model yang disesuaikan keinginan pembeli. Dengan jumlah pemesanan minimal 24 lembar. Bahkan bila pemesanan di atas 100 lembar, diberikan diskon khusus," ujar Ilman.(sar)

Sumber : http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/20381

Tidak ada komentar: